Voli

Rangkuman Bola Voli



A. Sejarah 
Pada tahun 1895 William C. Morgan dari Massachusetts (Amerika Serikat) memperkenalkan permainan yang disebut dengan "Mintonette". 
Kemudian, pada tahun 1896 namanya diubah menjadi permainan bola voli oleh Alfred T. Halstead. Nama ini diambil dari kata volleying yang artinya : melambungkan bola sebelum bola tersebut menyentuh tanah.
Secara umum permainan ini dimainkan oleh 6 orang untuk setiap tim
Tapi ada juga yang di variasi yang masing-masing tim hanya dimainkan 2 pemain  

B. Perlengkapan

1. Lapangan 



Bentuk Lapangan seperti 4 persegi panjang. Panjangnya 18 meter, lebarnya 9 meter. Lapangan dikelilingi oleh daerah bebas yang lebarnya 3-5 meter. 
Luas lapangan ditandai dengan garis pinggir dan garis belakang lapangan, kedua garis tersebut berfungsi sebagai pembatas lapangan.

Berikut ini beberapa garis penting yang ada di lapangan voli :
  1. Garis tengah : garis yang membagi lapangan dua bagian sama, dengan ukuran masing-masing 9 x 9 m.
  2.  Garis serang ; garis yang sejajar dengan garis tengah berjarak 3 m dari garis tengah.
  3. Daerah servis : daerah selebar 9 m di belakang setiap garis ahkir. Ukurannya sepertiga lapangan.
2. Net 
Lebar net adalah 1 m, sedangkan panjangnya 9,50 meter. Untuk tinggi net, putra dan putri dibedakan menjadi : Putri : 2,24 m, dan Putra : 2,43 m.
3. Bola

Bola yang baik terbuat dari kulit lunak dan lentur/ bahan sintesis. Ukuran keliling bola 165-167 cm. Berat bola adalah 200-280 gram. Tekanannya 0,3-0,325 kg/cm.



Induk Organisasi

Induk Organisasi Bola Voli di Indonesia bernama PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia)

Sedangkan Yang Internasional bernama FIVB (Federation International Volleyball)

Cara Bermain

Setiap tim berlomba untuk mencapai angka 25, yang duluan sudah pasti pemenangnya

Dalam tim ada 4 posisi penting pemain :

1. Tosser (setter) : Tugasnya memberi umpan kepada rekan tim dan mengatur permainan

2. Spiker (smash): Memukul bola agar jatuh di pertahanan lawan ( Intinya dia harus bisa cetak poin)

3. Libero : Pemain bertahan yang bebas keluar dan masuk tapi ngak boleh sembarang smash ke net lawan

4. Defender (Pemain bertahan ): Pemain yang bertugas menerima serangan lawan 

Aturan Permainan

  • Aturan Poin
Jika musuh berhasil memasukkan bola ke daerah kita, maka kita kehilangan bola dan musuh dapat poin

Jika kita gagal melakukan sevice (bola terkena net) maka musuh mendapatkan poin


  • Peraturan Penting
1. Jumlah pemain 1 tim 10 pemain, 4 cadangan

2. Pergantian pemain tidak dibatasi

3.  Terdapat 3 babak, Jika sudah 2 babak sudah dipastikan pemenangnya maka pertandingan hanya 2 babak

4. Sistem hitungannya rally point, jika terjadi seri 24-24 maka tim yang berhasil unggul 2 poin lebih dulu dia yang menang

5. Seluruh bagian tubuh legal untuk memantulkan bola kecuali kaki

6. Time out hanya boleh sekali

7. Seluruh Pemain harus di dalam lapangan saat service

Teknik Dasar Bola Voli serta Cara Melakukannya

Dalam teknik dasar permainan bola voli terdapat empat teknik yaitu terdiri dari Service, Passing, smash dan Blocking.

1. Teknik Dasar Service dalam Permainan Bola Voli

service bola
fivb.org
Bagi seorang pemula dalam bermain bola voli, teknik dasar yang pertama yaitu mempelajari teknik “service”. Service yaitu pukulan bola voli yang dilakukan dengan melewati net ke area yang kosong di daerah tim lawan.
Atau juga bisa dikatakan sebagai pukulan yang diarahkan kepada tim lawan yang terlihat lemah sehingga tidak bisa diolah oleh pemain lawan tersebut sehingga juga tim yang melakukan pukulan tersebut akan mendapatkan poin.
Poin yang didapatkan itu dari service yang dilakukan setelah bola voli itu jatuh ke tanah, sehingga yang melakukan service itu merupakan tim yang berhasil mendapatkan poin dari permainan tersebut. Service sendiri terbagi mejadi beberapa bagian, yaitu:

a. Teknik Dasar Service Bawah

Teknik ini dilakukan dengan cara, pemain berdiri dengan satu kaki di depan dan menghadap ke arah net, kemudian berat badan itu harus bertumpu ke kaki yang belakang, setelah itu lambungkan bola voli ke atas dengan rendah, dengan gerakan tangan kanan ke belakang.
Kemudian mengayunkan ke depan untuk memukul bola ke arah daerah tim lawan, gepalkan tangan dengan memindahkan berat badan ke kaki yang depan serta pindahkan kaki yang belakang ke depan untuk menghasilkan pukulan bola voli yang kuat.

b. Teknik Dasar Service Samping

Teknik ini dilakukan dengan cara, pemain berdiri dengan kedua kaki yang dihadapkan ke segi lapangan, bola voli dipegang dengan tangan yang menjulur setinggi kepala, lambungkan bola voli ke depan dengan mengayunkan tangan ke belakang.
Untuk memukul dengan tumpuhan berat badan sedikit menekuk kedua lutut dan angkat tangan dengan gerakan melingkar untuk memukul bola serta putarkan badan sampai menghadap ke net dengan memindahkan tubuh ke depan.

c. Teknik Dasar Service Atas

Teknik yang satu ini menggunakan cara, pemain berdiri dengan menekuk lutut dan salah satu kaki di depan, pegang bola dengan kedua tangan serta lambungkan dengan tangan kiri ke atas setinggi 1 cm
Tarik tangan kanan ke belakang dengan tangan menghadap ke depan, posisikan tangan tetap lurus dan semua badan ikut bergerak dan pindahkan beban tubuh ke depan.

d. Teknik Dasar Jump Service

Caranya yaitu pemain berdiri dengan merapatkan kaki, bola dipegang dengan kedua tangan dengan melambungkan ke atas, dan ketika itu lakukan tolakan dengan satu kaki ke depan, setelah mendapatkan lompatan yang optimal lalu pukullah dengan memindahkan berat tubuh ke depan sehingga mendarat dengan baik.

2. Teknik Dasar Passing dalam Permainan Bola Voli

passing bola voli
onewordvolleyball.com
Passing merupakan upaya yang dilakukan oleh seorang pemain untuk memberikan bola ke teman satu timnya. Untuk teknik passing yang tepat untuk melancarkan penyerangan yang akan menghasilkan poin maka ada dua teknik yaitu:

a. Teknik Dasar Passing Atas

Teknik ini menggunakan cara, pemain berdiri dengan tubuh siap dengan meregangkan kedua kaki selebar bahu dengan menekuk lutut sehingga badan merendah dan bungkuk.
Saat bola datang tempatkan badan di bawah bola, tangan diangkat dengan jari merenggang, tegangkan jari supaya bola memantul dengan baik, sedikit angkat tumit, luruskan kedua lengan dan pandang mengikuti ke arah gerakan bola.

b. Teknik Dasar Passing Bawah

Caranya, berdiri dengan membuka kaki selebar bahu, rapatkan kedua lengan, ayunkan lengan bersamaan sampai setinggi bahu, lakukan passing dengan lengan mengayun tidak lebih 90 derajat dengan bahu.

3. Teknik Dasar Smash dalam Permainan Bola Voli

teknik smash
vollyballfull.blogspot.com
Smash merupakan memukul bola dengan menggunakan kekuatan penuh sambil melompat. Teknik ini merupakan urutan ketiga dari Passing Bawah, Passing Atas, dan Smash.
Dalam smash ini harus dilakukan dengan menghasilkan serangan yang keras dan menukik agar tidak bisa diterima oleh tim lawan dan tim yang melakukan smash ini mendapatkan poin. Dalam teknik smash ini terdapat bagian yang terbagi menjadi empat (4) yaitu Smash Awalan, Smash Tolakan, Smash Pukulan, dan Smash Pendaratan.

4. Teknik Dasar Blocking dalam Permainan Bola Voli

teknik blocking
Teknik ini merupakan teknik terakhir atau penutup dalam permainan bola voli. Teknik ini digunakan untuk menahan dan mencegah serangan dari tim lawan. Teknik ini menggunakan pertahanan dengan kedua tangan dengan lompatan yang tinggi gunanya untuk menahan bola supaya tidak masuk ke daerahnya.

0 komentar:

Posting Komentar