Peranan Pasar dalam Perekonomian

PASAR DALAM EKONOMI

PASAR DLAM PEREKONOMIAN
 1. Pengertian Pasar pasar adalah suatu tempat strategis yang digunakan oleh penjual (produsen) dan pembeli (konsumen) untuk melakukan interaksi atau kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.

2. Fungsi Pasar
a. Fungsi Pembentukan Harga : Fungsi pembentukan harga. artinya pasar merupakan tempat dalam menentukan harga (nilai) suatu barang karna pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang saling tawar menawar sehingga terjadi suatu kesepatakan harga (nilai) barang/jasa.
 b. Fungsi Distribusi : Fungsi Distribusi. artinya pasar memudahkan produsen dalam mendistribusikan suatu barang kepada konsumen atau pembeli secara langsung.
 c. Fungsi Promosi : Fungsi Promosi. artinya pasar merupakan tempat yang paling cocok bgi produsen dalam memperkenalkan atau mempromosikan barangnya kepada konsumen.

 3. Syarat terjadinya pasar
 a. adanya penjual,
b. adanya pembeli,
c. tersedianya barang yang diperjualbelikan,
 d. terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.

 4. Peranan Pasar Dalam Perekonomian
a. Peran pasar bagi produsen antara lain
 • Sebagai tempat untuk memperkenalkan barang / promosi
 • Sebagai tempat untuk menjual hasil produksi.
 • Sebagai tempat untuk memperoleh bahan produksi / faktor produksi
 b. Peranan pasar Untuk konsumen.
 • Memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan .
 c. Peranan pasar untuk sumber daya Manusia.
 • Pasar dapat membuka peluang untuk masyarakat dalam memperoleh pekerjaan dan berwiraswasta . d. Peranan Pasar untuk Pembangunan.
 • Pasar yang berkembang akan membawa dampak Positif bagi kehidupan masyarakat. Masyarakat akan semakin sejahtera .
  • Kebutuhan akan pembangunan juga diperoleh di pasar . 
  • Selain itu Negara memperoleh pemasukan dari aktifitas pasar melalui pajak dan retribusi . Penerimaan tersebut dapat digunakan sebagai salah satu sumber pembangunan daerah maupun pemangunan Nasional. 
5.  BENTUK-BENTUK PASAR
 I. PASAR BARANG DAN JASA ( OUTPUT)
A. Bentuk Pasar menurut Sifat/Wujudnya
 a. Pasar konkret
 • Pasar konkret adalah pasar di mana barang yang diperjualbelikan benar-benar ada serta penjual dan pembeli bertemu langsung.
 Ciri-ciri pasar konkret:
1) transaksi dilakukan secara tunai,
2) barang dapat dibawa/diambil saat itu juga,                                                                                        3) barang yang diperjualbelikan benar-benar ada/nyata,
 4) penjual dan pembeli bertemu langsung.
 b. Pasar abstrak
• Pasar abstrak, yaitu pasar di mana barang yang diperjualbelikan tidak tersedia secara langsung serta antara penjual dan pembelinya tidak bertemu secara langsung.
 Ciri-ciri pasar abstrak:
1) penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda dan berjauhan jaraknya,
2) transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya,
3) barang yang diperjualbelikan tidak tersedia, hanya contoh saja,
 4) transaksi dilakukan dalam partai besar.
 B. Bentuk Pasar menurut Luas Wilayah Kegiatannya
 a. Pasar lokal
 • Pasar lokal adalah pasar yang daerah pemasarannya hanya meliputi daerah tertentu, dan pada umumnya menawarkan barang yang dibutuhkan masyarakat di sekitarnya.
 b. Pasar nasional
 • Pasar nasional adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi wilayah satu negara. Pasar ini menjual barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat negara tersebut.
 c. Pasar regional
• Pasar regional adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara pada wilayah tertentu. Pasar ini biasanya di bawah naungan wadah kerja sama regional, misalnya di kawasan Asia Tenggara dibentuk AFTA.
 d. Pasar internasional
 • Pasar internasional adala pasar yang daerah pemasarannya mencakup seluruh kawasan dunia. Pasar ini juga disebut pasar dunia, karena menjual produk-produk yang dibutuhkan oleh semua masyarakat dunia, misalnya pasar kopi di Brasil, pasar wol di Sidney, Australia.
C. Bentuk Pasar menurut Organisasi Pasar atau Hubungan antara jumlah Pembeli dan Penjual
 a. Pasar persaingan sempurna (perfect competition market)
 • Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli, sehingga harga tidak bisa ditentukan oleh masing-masing penjual/pembeli
 Ciri-ciri pasar persaingan sempurna yaitu:
1) penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar tanpa hambatan,
 2) pengetahuan penjual dan pembeli tentang pasar sempurna,
3) penjual dan pembeli banyak,
4) barang yang diperjualbelikan bersifat homogen.
 5) harga ditentukan oleh pasar
 Kebaikan pasar sempurna
1) Tidak memerlukan adanya iklan
2) Tidak tampak kegiatan saling menyaingi antara penjual
3) Adanya satu harga
4) Kepuasan konsumen maksimal karena bebas melakukan pilihan penjual
 5) Keuntungan produsen maksimal karena bisa menjual barang sebanyak-banyaknya
 6) Biaya produksi minimum karena persaingan produsen
 Kelemahan pasar sempurna
1) Harga tidak bisa ditawar lagi
2) Konsumen tidak bisa memilih barang lain karena semua barang sejenis/homogen
b. Pasar persaingan tak sempurna (imperfect competition market)
 • Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar di mana jumlah pembeli tidak sebanding dengan jumlah penjualnya, sehingga pasar dikuasai oleh satu atau beberapa penjual saja atau sebaliknya dikuasai satu atau beberapa pembeli saja.
 Bentuk pasar yang termasuk pasar persaingan tidak sempurna, di antaranya:
 1. Pasar monopoli
• Pasar monopoli ialah pasar yang dikuasai sepenuhnya oleh satu penjual.
 Ciri-ciri pasar monopoli, antara lain:
 1) terdapat satu penjual dan banyak pembeli,
2) harga ditentukan secara sepihak oleh penjual,
3) tidak ada barang lain yang dapat menggantikan barang yang dijualbelikan dengan sempurna,
 4) ada halangan yang kuat bagi penjual baru untuk masuk dalam pasar.
 Kebaikan pasar monopoli antara lain sebagai berikut.
 1) Industri-industri yang berkembang banyak yang bersifat monopoli.
 2) Mendorong untuk adanya inovasi baru agar tetap terjaga monopolinya.
 3)Tidak akan mungkin timbul perusahaan-perusahaan yang kecil sehingga perusahaan monopoli akan semakin besar.
 kelemahan pasar monopoli sebagai berikut.
 1) Timbul ketidakadilan karena keuntungan banyak dinikmati oleh produsen.
 2)Tidak efisiensinya biaya produksi, karena perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi atau sering disebut timbulnya pemborosan.
3) Konsumen merasa berat karena harus membeli barang dengan harga sangat tinggi oleh perusahaan monopoli.
 4) Adanya unsur eksploitasi terhadap konsumen dan pemilik faktor-faktor produksi.
 Contoh Pasar Monopoli
1) Pertamina
2) PT. POS INDONESIA
3) Telkom
4) PT. KAI
5) PT. PLN
 2. Pasar duopoli
 • Pasar duopoli, yaitu pasar di mana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua perusahaan. Contoh: penawaran minyak pelumas yang dikuasai oleh Caltex dan Pertamina.
Ciri-ciri pasar duopoli, yaitu:
 1) terdapat dua penjual dan banyak pembeli,
2) harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual.
 3. . Pasar oligopoli
• Pasar oligopoli ialah pasar di mana beberapa perusahaan menguasai penawaran satu jenis barang. Beberapa perusahaan yang menguasai pasar ini saling memengaruhi satu sama lain. Sifat ini menyebabkan satu perusahaan harus mengambil keputusan secara hati-hati dalam mengubah harga, mengubah desain produk atau mengubah teknik produksi. Contoh: penawaran sepeda bermotor yang dikuasai oleh beberapa perusahaan di antaranya Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki.
 Ciri-ciri pasar oligopoli, yaitu:
1) terdapat banyak pembeli di pasar,
2) hanya ada beberapa penjual,
 3) produk yang dijual bersifat,
4) terdapat hambatan untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru,
 5) adanya saling ketergantungan,
 6) penggunaan iklan sangat intensif.
 Kebaikan pasar oligopoli antara lain sebagai berikut.
1) Industri-industri oligopoly bisa mengadakan inovasi dan penerapan teknologi baru yang paling pesat,
2) berlomba penemuan proses produksi baru dan penurunan ongkos produksi, 3) Lebih mampu menyediakan dana untuk pengembangan dan penelitian.
 Adapun kelemahannya antara lain sebagai berikut.
1) Kemungkinan adanya keuntungan yang terlalu besar yang dinikmati produsen.
2) Tidak efisiensi karena produsen tidak beroperasi pada biaya rata-rata yang minimum.
3) Kemungkinan adanya eksploitasi konsumen maupun buruh. 4) Terdapat kenaikan harga (inflasi) yang merugikan masyarakat secara makro.
 Contoh Pasar Oligopoli:
1) Perusahaan Rokok
2) Perusahaan mobil
3) Perusahaan air mineral
4) Perusahaan Sepatu
5) Perusahaan Elektronik
 4. Pasar monopolistik
 • Pasar monopolistik adalah suatu struktur pasar di mana terdapat banyak produsen yang menjual produk yang sama, tetapi dengan berbagai macam variasi. Contoh: produsen elektronik seperti handphone, smartphone, atau laptop.
 Ciri-ciri pasar monopolistik
 1) Terdapat banyak produsen.
2) Produk yang dijualbelikan sama (homogen), tetapi dengan berbagai macam variasi.
 Kebaikan pasar monopolistik antara lain sebagai berikut.
1) Konsumen memiliki banyak pilihan barang.
 2) Produsen dapat menentukan harga sendiri-sendiri dalam satu pasar karena tidak ada persaingan.
3) Masing-masing monopolistik mempunyai keuntungan sendiri-sendiri karena memiliki pasar (konsumen) sendirisendiri.
Sementara itu, kelemahannya antara lain sebagai berikut.
 1) Tidak efisiennya produksi karena produsen tidak berproduksi dengan biaya rata-rata (AC) yang minimum.
2) Terlalu banyak perusahaan kecil.
3) Konsumen masih harus membayar harga produk yang lebih tinggi dari biaya produksi untuk menghasilkan produk tersebut.
 Contoh pasar persaingan monopolistik
 1) Persaingan perusahaan shampoo diantaranya Emeron dengan Dove.
2) Persaingan perusahaan ditergen diantaranya Surf dengan Daia.
3) Persaingan perusahaan motor diantaranya Honda dengan Yamaha.
 4) Persaingan perusahaan computer diantaranya Acer dengan Toshiba.
5) Persaingan perusahaan handphone diantaranya Nokia dengan Sony.
 D. Menurut Waktu Penyelenggaraannya
 a. Pasar harian
• Pasar harian adalah pasar yang dilakukan setiap hari.
 Contohnya pasar-pasar tradisional di lingkungan rumah yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, pasar Horas di pematangsiantar dan lain-lain.
 b. Pasar mingguan
• Pasar mingguan adalah pasar yang dilakukan hanya setiap seminggu sekali. Biasanya nama pasar ini diambil dari nama hari pelaksanaan, contohnya Pasar Senin, Pasar Minggu,Pasar Rebo, dan lain-lain.
 c. Pasar bulanan
• Pasar bulanan adalah pasar yang dilakukan sebulan sekali. Pasar bulanan biasanya terdapat di sekitar pabrik dan dibuka setiap kali karyawan pabrik tersebut menerima gaji.
 d. Pasar tahunan
• Pasar tahunan adalah pasar yang dilakukan setahun sekali. Pasar ini diselenggarakan berkaitan dengan acara atau kegiatan dan sering digunakan sebagai ajang pameran atau promosi. Contohnya Pekan Raya Jakarta (PRJ), medan Fair di Sumatera Utara yaitu ajang pameran karya daerah kabupaten/Kota
 E. Menurut Jenis Barang yang Diperjualbelikan
 a. Pasar barang produksi
• Pasar barang distribusi adalah pasar yang menjual faktorfaktor produksi. Misalnya bursa tenaga kerja, pasar modal, pasar mesin-mesin produksi, dan lain-lain.
 b. Pasar barang konsumsi
 • Pasar barang konsumsi adalah pasar yang menjual barangbarang yang secara langsung dapat dikonsumsi/dipakai. Contohnya pasar buah, pasar ikan, pasar pakaian, dan lain-lain.

 PASAR INPUT
A. Pengertian Pasar input adalah suatu pasar yang melakukan kegiatan penawaran atas faktor-faktor produksi perusahaan.

B. Faktor produksi

 1) Pasar Input Tanah
 Teori tentang pasar input tanah:
 a) Teori Kesuburan Asli tanah Maksudnya, harga sewa tanah semakin mahal apabila tingkat kesuburan asli tanah semakin tinggi.
 b) Teori Perbedaan Kesuburan Tanah Maksud teori perbedaan kesuburan tanah ini cenderung menitikberatkan pada keterbatasan jumlah tanah yang subur karena ketersediaanya yang langka.
 c) Teori Lekak Tanah Maksudnya, harga sewa tanah dipengaruhi letak tanah.Letak tanah yang strategis memungkinkan timbulnya peluang ekonomi yang lebih besar dalam berusaha dan meraih keuntungan.
 d) Teori Harga Derivasi Tanah Maksud teori harga derivasi tanah menyatakan bahwa harga sewa tanah ditentukan pada perubahan permintaan barang yang dihasilkan oleh tanah sebagai faktor produksi.

 2) Pasar Input Tenaga Kerja Adalah pasar yang menyediakan atau mempertemukan para pencari kerja (faktor produksi berupa tenaga kerja) dengan perusahaan.

 a) Upah tenaga kerja Adalah imbalan yang diterima para pekerja atas jasa yang diberikan dalm menggerakan proses produksi barang atau jasa.

 b) Teori Upah Tenaga kerja
1) Teori upah normal Upah diberikan sesuai dengan kebutuhan hidup minimum tenaga kerja beserta keluarganya
2) Teori Upah Besi Besarnya upah rata-rata tenga kerja sama dengan biaya minimum buruh.
3) Teori Dana Upah Pemberian upah bergantaung pada kemampuan keuangan perusahaan. Jika keuntungan yang diperoleh perusahaan tinggi, upah yang diberikan kepada tenaga kerja akan bertambah.
 4) Teori Upah Etika Besar upah bergantung pada besar biaya pemeliharaan hidup dan produktivitas kerja buruh.

3) Pasar Input Modal
Modal adalah segala sesuatu yang digunakan dalam proses produksi lanjutan pada perusahaan.

 a) Bunga Modal Bunga modal merupakan balas jasa yang diterima investor (pemilik modal) atas modal yang disertakannya pada proses produksi perusahaan.

 b) Teori Bunga Modal
1) Teori Produktivitas Maksudnya, modal pinjaman bisa digunakan untuk kegiatan usaha produktif. 2) Teori Abstinence Maksudnya, bunga modal diberikan sebagai balas jasa pemilik modal atas investasi yang tidak digunakan oleh orang atau perusahaan lain.
3) Teori Agio Maksudnya, bunga modal diberikan kepada pemilik modal atas kerugian akibat perbedaan nilai.
 4) Teori Liquidity Preference Maksudnya, bunga modal diberikan sebagai ganti rugi atas pengorbanan karena tidak menggunakan uang liquid akibat dipinjam orang lain.
5) Teori Bunga Dinamis Maksudnya, barang modal yang digunakan dalam proses produksi akan menghasilkan laba usaha.

c) Fungsi Pasar Input Modal
1) Memudahkan pengusaha memperoleh modal jangka pendek atau jangka panjang.
 2) Memperlancar kegiatan pengembangan kegiatan usaha.
3) Membantu perusahaan atau masyarakat untuk memanfaatkan dananya dalam kegiatan produktif pada suatu perusahaan.
3) Membantu pemerintah membiayai pembangunan.

 4) Pasar Input Kewirausahaan Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk berpikir kreatif dan berperiaku inovatif guna menghadapi tantangan usaha.

a. Laba wirausaha Laba wirausaha adalah balas jasa yang diterima wirausaha dalam menjalankan kegiatan usahanya.

b. Teori laba wirausaha
 1) Teori inovasi Maksudnya, laba wirausaha merupakan balas jasa atas kemampuan pengusaha dalam mengadakan kombinasi baru atau inovasi baru dalam proses produksinya.
2) Teori nilai lebih Maksudnya, wirausaha harus membayar kegiatan tenaga kerja untuk memperoleh produktivitas tenaga kerja.
3) Teori keuntungan Maksudnya, laba yang diperoleh wirausaha akan ditentukan dari keahlian wirausaha dalam memimpin perusahaan dan mampu mengatasi resiko yang akan dihadapinya
4) Teori resiko usaha Maksudnya, wirausaha akan menanggung resiko kerugian jika usaha yang dikelolanya mengalami kerugian.
5) Teori residu Maksudnya, wirausaha memperoleh laba jika ada kelebihan penerimaan perusahaan.

c. Unsur-unsur laba wirausaha
1) Upah wirausaha diartikan balas jasa wirausah atas kemampuannya dalam mengelola perusahaan. 2) Bunga modal diartiakan balas jasa wirausaha karena menginvestasikan modal di suatu perusahaan. 3) Sewa tanah diartikan balas jasa wirausaha sebagai pemilik faktor produksi tanah atau lahan.
 4) Premi resiko diterima wirausaha atas kemungkinan terjadinya resiko kerugian.

d. Fungsi kewirausahaan
1) Wirausaha akan memikirkan ide.
2) Menentukan keputusan
3) Menanggung resiko selama pelaksanakan proes produksi dan pemasaran berlangsung.
4) Wirausaha akan mengatur dan mengawasi proses produksi agar perusahaan dapat berjalan sesuai rencana yang diharapkan.
5) MenEntukan cara yang paling efisien dalam rangka menjalankan proses prosuksi guna menghasilkan dan menyediakan barang kebutuhan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar